Tips Mengatur Waktu Belajar secara Efektif

                                                        sumber : freepik.com

Hai Sobat Lesin Aja! Pasti sangat melelahkan hampir setiap hari melakukan kegiatan sekolah, mengerjakan pekerjaan rumah yang menumpuk, bimbel, bahkan aktivitas tambahan di luar kegiatan akademik. Dengan jadwal yang padat ini siswa juga harus tetap menyempatkan belajar agar ilmu yang didapat di sekolah tidak sirna begitu saja dan dalam jangka panjang akan mendapatkan nilai yang maksimal. Oleh karena itu, siswa harus bisa membagi waktunya dengan baik antara belajar dengan kegiatan lainnya.Tenang, kami akan membagikan tips membagi waktu secara efektif ke kalian.

Simak artikel di bawah ini sampai akhir ya, Sobat Lesin Aja!

  1. Menentukan Prioritas

Berbicara mengenai prioritas berarti hal itu merupakan sesuatu yang penting dan juga mendesak. Buat pertimbangan mana sesuatu yang penting dan mana yang mendesak. Misalnya, besok akan ada ulangan mata pelajaran Matematika di jam keempat tetapi juga ada PR mata pelajaran Bahasa Inggris di jam pertama. Keduanya sama-sama penting, bukan? Namun, kita harus menentukan mana yang lebih mendesak. Yang lebih mendesak adalah PR Bahasa Inggris. Maka, yang dikerjakan terlebih dahulu adalah PR tersebut.

  1. Menentukan Tujuan

Dalam hal ini, tujuan akan dibagi menjadi dua, yaitu tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Maksud dari tujuan jangka pendek adalah tujuan dalam periode waktu yang singkat sedangkan tujuan jangka pendek adalah tujuan dalam periode waktu yang lama. Misalkan, dalam waktu dekat kalian ingin mendapatkan nilai 100 pada ulangan harian Matematika yang akan diadakan besok dan ketika kenaikan kelas kalian ingin mendapatkan peringkat pertama. Keinginan mendapatkan nilai 100 tersebut merupakan tujuan jangka pendek sedangkan keinginan peringkat pertama tersebut merupakan tujuan jangka panjang.

Mengapa kita perlu menentukan tujuan? Membuat tujuan sejatinya dilakukan agar hidup kita lebih terarah. Dalam konteks sekolah, membuat tujuan dilakukan agar belajar dapat terfokuskan sehingga pembagian waktu akan lebih terstruktur dengan baik. Hal ini juga berlaku pada aktivitas di luar kegiatan akademik.

  1. Menyusun Jadwal Harian

Ketika sudah mengetahui tujuan dan prioritas, kalian akan lebih mudah dalam mengatur jadwal sehari-hari. Menyusun jadwal harian memungkinkan kalian untuk mengetahui apa yang harus dilakukan seharian tanpa takut ada yang terlewat. Kalian dapat menargetkan dalam satu hari berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas, waktu yang dibutuhkan untuk belajar, dan waktu yang dibutuhkan untuk istirahat. Dengan membuat jadwal, secara tidak langsung kalian juga dapat mengatur pola tidur dan pola makan menjadi lebih baik Pembuatan jadwal dapat dilakukan dengan menulis di buku catatan maupun di notes smartphone yang kalian punya.

Lesin Aja mempermudah para siswanya untuk memilih jadwal belajarnya sendiri. Jadi, jangan khawatir jadwal yang kalian buat akan sia-sia. Siswa Lesin Aja juga bebas menentukan les melalui via offline ataupun online. Gimana? Sangat fleksibel, bukan? Yuk bergabung di Lesin Aja! Klik disini untuk daftar yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *