4 Alasan Mengapa Anak Harus Les Privat, Orang Tua Wajib Tahu!

                                             sumber : freepik.com

Hai, sobat Lesin Aja!

Setiap orang tua pasti ingin anaknya menjadi yang terbaik dalam segala hal. Baik di bidang seni, olahraga, dan lain sebagainya. Akan tetapi, untuk mencapai hal-hal tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih dahulu orang tua harus mengetahui apa saja bakat dan minat dari sang buah hati, dengan begitu orang tua dapat mengasah sisi tercerdas anaknya. Oleh karena itu, orang tua perlu melakukan berbagai upaya untuk mencapai tujuan tersebut. Di sisi lain, orang tua juga pasti menginginkan anaknya unggul menjadi siswa berprestasi di sekolahnya. Namun, di masa sekarang beban belajar di sekolah sangat banyak bagi anak-anak sehingga tidak jarang orang tua yang khawatir anaknya tidak bisa mengikuti pelajaran dengan maksimal di sekolah.

Tuntutan pembelajaran yang banyak dari sekolah tersebut menjadikan siswa harus cerdik dalam mengatasi persoalan belajar. Dalam hal ini kerap kali orang tua mendaftarkan anaknya mengikuti les privat. Pada dasarnya kegiatan tambahan belajar tersebut baik untuk meningkatkan sisi kognitif siswa. Namun, yang perlu lebih diperhatikan yakni mengenai keefektifan belajar di luar jam sekolah tersebut. Jangan sampai tujuan baik orang tua dalam memberikan tambahan jam belajar pada siswa menjadi sia-sia. Berikut ini merupakan 4 alasan mengapa anak harus mengikuti les privat demi mencapai hasil belajar yang maksimal :

Anak tidak percaya diri

Seringkali kita jumpai anak yang tidak percaya diri sehingga mereka enggan bertanya jika tidak memahami pelajaran yang telah dijelaskan oleh guru. Faktor utama penyebab anak membenci pelajaran adalah saat mereka tidak bisa memahami pelajaran tersebut. Terkadang anak yang tidak percaya diri tidak mempunyai pendirian yang pasti dalam belajar sehingga saat dihadapkan dengan soal yang sulit, mereka seringkali ragu. Padahal sebenarnya mereka mampu dan mengetahui jawabannya. 

Dalam hal ini les privat merupakan solusi utama pada permasalahan tersebut. Mereka dapat bertanya sesuka hati tanpa rasa malu dan dapat mendorong rasa kepercayaan diri siswa pada gurunya.

Nilai anak menurun

Orang tua harus mencari tahu faktor apa saja yang menjadi penyebab nilai anaknya menurun, beberapa faktor yang mungkin dialami anak seperti pergaulan dengan teman sekelasnya, kondisi kesehatan, atau kesulitan anak dalam memahami pelajaran saat di kelas. Sehingga solusi utama untuk memperbaiki nilai akademis anak adalah dengan mendatangkan tentor dari les privat. Les privat dinilai efektif karena biasanya tentor memiliki teknik yang mudah dalam menerangkan konsep pelajaran pada anak sehingga lebih mudah dipahami.

Terlalu bayak siswa dalam satu kelas

Banyaknya siswa dalam satu kelas kerap menjadikan anak tidak fokus dalam pelajaran. Karena terkadang antar teman itu bisa saja saling mengganggu dan bercanda saat belajar. Selain itu, perhatian guru menjadi terpecah belah. Dengan mengikuti les privat, proses pembelajaran akan lebih maksimal karena 1 tentor hanya akan menangani 1 murid sehingga perhatian tidak akan terpecah belah dan anak dapat lebih fokus dalam belajar.

Orang tua sibuk

Di era sekarang banyak dijumpai orang tua yang sibuk dalam berkarir pada pekerjaannya sehingga mereka tidak dapat memantau kegiatan belajar anaknya. Di sisi lain, terkadang orang tua juga tidak memahami beberapa atau bahkan semua materi yang dipelajari anak. Dengan mengikuti les privat, orang tua tidak perlu cemas mengenai akademis siswa karena akan dibimbing dengan baik oleh tentor meskipun tanpa pengawasan orang tua.

Saat orang tua sudah mengetahui kebutuhan belajar anak, maka mendaftarkan pada les privat merupakan pilihan yang bijak untuk mencapai kemaksimalan dalam belajar. Salah satu contoh tempat les privat yang menyediakan 1 guru untuk 1 murid adalah di Lesin Aja. Di LesinAja kalian bisa menemukan tentor yang hanya akan fokus pada 1 siswa saja sehingga pembelajaran akan berjalan dengan maksimal. So, buruan segera daftar di Lesin Aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *