Tips Mendidik Anak di Rumah bagi Working Parents

 

sumber : freepik.com

Halo, Sobat Parents Lesin Aja!

Kewajiban orang tua sejatinya adalah mendidik anak ke arah yang baik dan benar. Tidak hanya kewajiban seorang ibu tetapi juga kewajiban sang ayah. Namun, seringkali karena tuntutan finansial, baik ayah maupun ibu turut serta mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Sehingga intensitas didikan dari seorang orang tua bisa dikatakan kurang. Dalam hati yang paling dalam, tentu orang tua juga menginginkan anak mereka tumbuh dengan didikan yang baik. Memang, sekolah bisa jadi tempat anak-anak belajar berbagai hal positif tetapi tidak menutup kemungkinan hal negatif juga menyertai proses belajar anak. Oleh karena itu, perlunya didikan dari lingkungan yang terdekat dengan sang anak, yaitu keluarga kecil. Selain diri mereka sendiri, lingkungan keluarga merupakan faktor penting dalam tumbuh kembang anak karena mulai dari lahir hingga nanti dewasa anak akan berada dalam naungan keluarga. 

Oleh karena itu, simak artikel di bawah ini, Sobat Parents Lesin Aja!

  1. Menjalin Komunikasi yang Baik

Kunci utama dari hubungan antar manusia sejatinya adalah komunikasi. Menyempatkan untuk sekadar bertanya kepada anak mengenai kabarnya atau memberikan tawaran bantuan sudah sangat berarti untuk mereka. Anak akan merasa keberadaan mereka tidak menjadi seperti angin lalu di rumah. Selain itu, komunikasi yang baik juga dapat diterapkan ketika para orang tua tahu mengenai kesalahan mereka tetapi lebih memilih untuk memberikan nasihat dengan dengan baik daripada marah yang tidak ada ujungnya. Pendekatan seperti ini memang harus dibiasakan sejak anak memasuki usia sekolah karena pemikiran logisnya akan suatu hal sudah mulai bekerja. Hal ini dilakukan agar sedari kecil sudah mulai terbentuk jiwa kritis anak sehingga nantinya ketika mereka mendapat  nasihat dari orang lain tidak menganggapnya sebagai sebuah cacian.

  1. Mengerjakan Kegiatan Produktif Bersama di Akhir Pekan

Agar hubungan harmonis keluarga tetap terjaga tetapi juga tetap memperhatikan dampak yang didapatkan, di akhir pekan, orang tua juga dapat mengajak sang anak untuk berlibur. Misalnya, mengajak anak untuk mengunjungi museum, kebun binatang, maupun tempat-tempat lain yang dapat membantu mereka belajar hal baru. Tidak harus membayar mahal-mahal untuk berlibur ke luar rumah. Berlibur juga dapat dilakukan di dalam rumah, seperti mengajak anak bercocok tanam di pekarangan rumah, mengerjakan tugas yang belum diselesaikan, membersihkan rumah bersama-sama, dan lain-lain. 

  1. Meminta Bantuan Orang Lain

Jika memang dirasa didikan yang diberikan kurang menjamin untuk anak tumbuh dengan baik, orang tua dapat meminta bantuan anggota keluarga yang lain, seperti tante atau nenek untuk mengurus dan mendidik sang anak. Selain itu, dalam hal akademis orang tua dapat menitipkan mereka ke lembaga bimbingan belajar terpercaya seperti Lesin Aja. Lesin Aja menyediakan layanan bimbingan belajar privat dengan tentor berkualitas kepada anak-anak yang ingin belajar di rumahnya sendiri. Selain itu, waktu belajar juga sangat fleksibel karena mereka dapat mengatur waktu belajarnya sendiri. Hal ini dapat menjadi solusi untuk para orang tua yang ingin menitipkan anaknya untuk masalah akademis. Orang tua yang sibuk tetap dapat mengontrol perkembangan sang anak dengan layanan tanya tutor. 

Yuk segera bergabung di Lesin Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *